Menginstal Vista dengan USB


Barangkali anda heran, ngapain repot-repot bikin alternatif penginstalan lewat USB...? Sementara dengan CD pun masih bisa dilakukan dengan mudah! Iya nggak..?. Nah.... barangkali pertanyaan ini bisa terjawab karena beberapa hal :
Perkembangan teknologi memungkinkan tersedianya transfer data device yang lebih cepat, antara lain Hi-Speed USB 2.0 yang sudah ngetop dua tahun terakhir. Sehingga penginstalannya pun memakan waktu yang lebih cepat. Hal ini berguna bagi seorang Administrator yang kerjaannya menginstal OS.
Bagi anda yang 'mobile' saya yakin membawa USB lebih mudah dan aman dari pada ngantongin
CD/DVD, sebagai back up, jika terjadi sesuatu hal.
Bagi yang suka bereksperimen, membikin Auto installer yang dikombinasikan dengan penginstallan software akan memudahkan perbaikan atau update, dari pada membakarnya dalam kepingan CD/DVD.


Nah... sekarang jelas kan apa yang saya maksud?. Jika anda tertarik, ikuti panduan singkat hasil browsing berikut, sudah saya coba... Alhamdulillah,...memuaskan!

Apa yang perlu anda persiapkan?
Tentunya fasilitas bios booting komputer anda harus mendukung option menu melalui USB atau removable device. Check dengan menekan tombol F2 pada saat booting.
Siapkan High speed USB minimal yang berkapasitas 4 GB dan anda juga harus memiliki port USB 2.0 juga, kalo yang model lawas jangan harap bisa cepat... Sebagai reference, secara teori transfer data maksimum untuk USB 2.0 adalah 400 mbps vs USB 1.1 yang hanya 12 mbps.
DVD Windows Vista.
Jika anda yakin semua tersedia, lakukan langkah selanjutnya :
Buka komputer anda, Klik kanan di Computer, klik menu Manage, yakinkan USB anda pada posisi Disk1, takutnya ada removable device yang lain, dan kita salah mengkomando pada saat memformat USB kita.


Buka cmd.exe dan dan ketik command secara berurutan(ketik,enter,tunggu...) sebagai berikut :
1. diskpart
2. select disk 1
3. clean
4. create partition primary
5. select partition 1
6. active
7. format fs=fat32
8. assign
9. exit
Masukan DVD Windows Vista anda ke CD/DVD Rom drive anda dan ketik command berikut di cmd.exe :
xcopy f:\*.* /s/e/f g:\
Dimana : f=CD/DVD rom drive dan g=USB drive
Tunggu pengkopian sampai selesai, dan USB siap digunakan.

Semoga bermanfaat...


Related Post (Artikel Terkait):

0 komentar:

Posting Komentar

PRIMBON RAMALAN JODOH

*
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA YANG SEDERHANA INI, KRITIK DAN SARANNYA YA SOB BUAT BLOG SAYA INI SUPAYA LEBIH BAIK ... TERIMA KASIH