Download Kitab Amtsilati Lengkap


Sekilas Sejarah Amtsilati

      Menurut penuturan KH. Taufiqul Hakim, metode Amtsilati yang ditemukannya tersebut diperoleh setelah berpayah-payah menjalani laku tirakat yang sangat serius. Ia berkeyakinan bahwa hanya dengan demikian, Allah akan memberikan kemudahan kepadanya. “Mulai tanggal 27 Rajab 2001, saya banyak merenung dan bermujahadah. Dan dalam thoriqoh yang saya anut ada sebuah do’a khusus, yang jika dilakukan secara ikhlas, insyaallah Allah akan memberikan kemudahan dan jalan keluar dari masalah seberat apapun dalam jangka waktu kurang dari 4 hari. Saban hari saya lakukan mujahadah terus-menerus sampai tanggal 17 Ramadhan yang bertepatan dengan Nuzulul Qur’an,” katanya, seperti yang dijelaskan dalam buku kecil tulisannya tentang latar belakang lahirnya “Amtsilati”.

      Terlepas percaya atau tidak, saat bermujahadah tersebut ia mengaku sekan-akan berjumpa dengan Syekh Muhammad Baha’uddin An-Naqsyabandiyyah, Syekh Ahmad Mutammakin dan Ibnu Malik dalam keadaan antara tidur dan sadar. Sejak saat itu seakan ada dorongan tenaga yang sangat kuat yang menggerakkannya untuk terus menulis dan menulis. Siang dan malam ia melakukannya tanpa sedikitpun mengenal lelah. Sampai akhirnya, ia berhasil secara cemerlang merampungkan tulisannya tersebut. Tepatnya tanggal 27 Ramadlan tahun 2001 masehi. Terhitung hanya sepuluh hari ia menyelesaikan tulisannya tersebut dalam bentuk tulisan tangan biasa.

      Lewat tangan-tangan budiman naskah asli tulisan tangan tersebut di repro kembali dalam bentuk tulisan Komputer. Proses komputerisasi itu sendiri mulai dari Khulashoh sampai Amtsilati membutuhkan waktu hampir setahun. Kemudian dicetak sebanyak 300 set. Menindaklanjuti penemuan ini, atas prakarsa Bapak Nur Kholis, salah seorang sahabat KH. Taufiqul Hakim, metode Amtsilati di perkenalkan ke hadapan publik melalui bedah buku yang diselenggarakan di gedung Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Jepara, tepatnya tanggal 16 juni 2002. Dan sudah jamak terjadi bahwa pengenalan metode Amtsilati ini pun tak lepas dari pro dan kontra.

     Namun, justru dari sinilah, titik awal (nuqthotul Ula) metode Amtsilati tersebut mulai dikenal secara luas. Secara perlahan melalui tangan-tangan budiman pula, metode ini merambah Mojokerto. Ada yang mengatakan bahwa KH. Hafidz, pengasuh pondok pesantren “Manba’ul Qur’an”, adalah orang yang berjasa mengenalkan sistem cepat baca kitab kuning Metode Amtsilati ini. Dan atas dukungan tangan dermawan Bapak H. Syauqi Fadli –semoga Allah memberikan keberkahan pada hartanya—Amtsilati dicetak sebanyak 1000 set.

     Secara meyakinkan, melalui forum yang diadakan oleh Universitas Darul Ulum (UNDAR) Jombang, amtsilati terus menuai dukungan. Geliat amtsilati lalu terdengar di Jember, Pasuruan, kemudian Pamekasan (Madura). Dan sampai saat ini amtsilati telah tersebar ke pelosok Jawa, bahkan sudah sampai ke luar Jawa, seperti Kalimantan, Batam dan juga luar negeri, seperti Malaysia. Dalam kurun waktu 4 tahun, amtsilati sudah diterbitkan tidak kurang dari 5 juta eksemplar, sebuah hasil yang cukup menakjubkan.

     Dulunya, kitab Amtsilati tersebut digandakan dengan mesin foto copy. Setelah dirasa cukup menghasilkan, dari mesin foto copy itu amtsilati naik ke percetakan. Kemudian, dari hasil penjualan yang terus mengalami peningkatan itu digunakan untuk membeli mesin cetak sendiri. Setiap kali cetak berhasil secara ajeg menembus angka 5000 ekslempar. Pegawai percetakan mandiri ini adalah masyarakat sekitar, bahkan banyak diantaranya adalah para ibu rumah tangga. Ya, ini adalah berkah tersendiri dari amtsilati.

Mengenal Sosok KH. Taufiqul Hakim

     Taufiqul Hakim lahir 33 tahun silam, di Sidorejo, Bangsri, Jepara, Jawa Tengah. Ia bukanlah keturunan kiai atau bangsawan. Ayah dan ibunya adalah petani biasa. Dari ketujuh saudaranya, hanya ia seorang yang berprofesi sebagai guru. Saat ini ia dikenal sebagai seorang kiai muda yang cukup karismatik di daerahnya. Dalam hidup ini, ada satu hal yang sangat disesalkannya, yakni ia tak dapat mengantarkan jasad ayahnya ke peristirahatan abadinya. Patut disesalkan memang, namun kala itu ia tengah menuntaskan tugas belajar yang tak bisa ditinggalkannya.
     Riwayat pendidikan Taufiqul Hakim sendiri cukup mengesankan. Ia adalah alumnus Perguruan Islam Matholiul Falah Kajen, Pati. Ia juga nyantri di Pondok Pesantren Maslakhul Huda Kajen, yang diasuh oleh Rais ‘aam PBNU KH. MA. Sahal Mahfudh. Pada tahun yang sama Ia juga nyantri di Popongan Klaten, belajar Thariqah an-Nagsabandiyah di bawah bimbingan KH. Salman Dahlawi, dan dinyatakan lulus setelah belajar selama 100 hari.

     Saat ini, selain sibuk mengajar dan mengisi pelatihan-pelatihan Amtsilati di berbagai kota di Indonesia, Ia juga aktif menulis. Dan kegemaran menulis ini mengalir begitu saja dalam dirinya. Diakuinya, selalu saja ada inspirasi yang menggerakkan jemarinya untuk menari-nari di atas kertas putih, menuliskan apa saja dan dimana saja. Sebagai seorang penulis ia terbilang cukup produktif. Banyak sudah karya yang telah dihasilkannya. Di antaranya adalah Program Pemula Membaca Kitab Kuning: Amtsilati jilid, Qaidati: Rumus dan Qaidah, Shorfiyah: Metode Praktis Memahami Sharaf dan I’lâl, Tatimmah: Praktek Penerapan Rumus 1-2, Khulashah Alfiyah Ibnu Malik, ‘Aqidati: Aqidah Tauhid, Syari’ati, dan masih banyak lagi. Sudah ada sekitar 30 buku hasil karyanya. Dan ia masih terus menulis, sampai saat ini.

     Penggunaan nama Darul Falah untuk pesantren yang dipimpinnya ini terinspirasi dari nama Pesantren Matholiul Falah, tempat dimana dulu ia pernah ngangsuh kaweruh. Sebagai warga Negara yang baik, KH.Taufiqul Hakim juga telah mendaftarkan Pesantrennya ini kepada seorang pejabat Notaris. Dengan demikian, pesantren ini telah resmi menjadi sebuah lembaga pendidikan dalam naungan hukum positif negeri ini. Jadi, tak perlu was-was kalau pesantren ini adalah lembaga liar yang penuh keraguan dan kontroversi.

      Santri Darul Falah dapat digolongkan menjadi dua type, yaitu tetap dan insidental (kilatan). Santri tetap adalah santri yang harus mengikuti semua aturan yang ada dalam program pengajaran Amtsilati, seperti hafalan dan lainnya. Sementara santri insidental (kilatan) tidak diwajibkan untuk banyak hafalan. Masa belajar yang harus ditempuh tentu saja berbeda. Bagi santri insidental (kilatan) waktu belajar berkisar antara satu minggu sampai dua bulan saja. Sedangkan, santri tetap lebih lama lagi. Sekarang, dengan waktu yang relatif singkat, pesantren ini, terhitung dari sejak berdirinya telah membimbing lebih dari 650 santri yang silih berganti datang dari berbagai daerah, baik domestik atau mancanegara.

     Dengan penelaahan mendalam, Taufiqul hakim berhasil menyimpulkan bahwa tidak semua nadzam atau syair dalam kitab Alfiyah yang berisi seribu bait itu, dapat digunakan semuanya dalam praktek membaca kitab kuning (alkitab al ashfar). Ia menyimpulkan bahwa dari 1000 nazham Alfiyah yang terpenting hanya berjumlah sekitar 100 sampai 200 bait saja, sementara nazham lainnya sekedar penyempurna. Dengan bekal hafalan dan pemahamannya terhadap kitab Alfiyah, ia mulai menyusun metode Amtsilati. Penyusunan tersebut ia mulai dari peletakan dasar-dasarnya kemudian terus berkembang sesuai kebutuhan. Maka jadilah di tangan KH.Taufiqul Hakim, nadham Alfiyah menjadi Mi’ah. Luar biasa bukan?

     Amtsilati membentuk frame berpikir untuk memahami bahasa Arab. Di dalamnya terdapat rumusan sistematis untuk mengetahui bentuk atau kedudukan kata tertentu. Hal ini dapat dilihat pada rumus utama isim dan fi’il atau tabel. Plus rumus tambahan seperti bayangan dhamir untuk mengetahui jenis atau kata tertentu; penyaringan melalui dzauq (nilai rasa) dan siyaqul kalam (konteks kalimat).

       Dalam prakteknya, amtsilati telah memberikan petunjuk ringkas mengenai kata-kata yang serupa tapi tak sama (homoname, homograph, homophone). Kata-kata yang serupa ini bisa terjadi dari beberapa kemungkinan: fi’il: fi’il madhi; fi’il mudhari’; fi’il amar; isim fi’il; huruf; dhamir; isyarah; maushul; dan lainnya. Semuanya dapat dilihat dalam Tatimmah (buku praktek penerapan rumus). Buku ini termasuk di dalam satu paket lengkap pembelajaran amtsilati.

      Amtsilati adalah metode pembelajaran bahasa Arab yang sangat praktis. Rumus-rumusnya begitu simple dan sistematis. Analisis gramatikal bahasa Arabnya diselesaikan melalui penyaringan dan pentarjihan. Rahasia utamanya terdapat pada dua buku pegangan khusus yang hukumnya wajib dihafal. Dua buku khusus tersebut yaitu “Rumus Qaidati” dan “Khulashah”. Hafalan dua buku khusus ini akan menjadi pengikat ingatan santri dalam memahami gramatikal bahasa Arab pada praktek penerapan rumusnya.

     Dengan menekuni metode Amtsilati ini, diharapkan para pemula dapat menguasai bahasa Arab dalam waktu singkat. Sehingga tak perlu berlama-lama nyantrik di pondok sampai bertahun-tahun membiarkan sisa umur berlalu. Dan hal ini bukan cuma isapan jempol belaka. Banyak sudah yang telah membuktikannya. Lalu berlebihankah kalau kita menyebutnya sebagai suatu keajaiban? Kalau bukan keajaiban lalu apa namanya? Wallahu a’lam. Wallahu al-Musta’an wa alaihi at-Takalan.

     Artikel ini lahir dari silaturrahim kami (Khalid Wahyudin, Minhajun Ni’am, Nuruddin Andriana, Andi Maharoni, Zainul Muchtar, dan Fahrony Afrizal) mewakili LPI Al Azhaar Tulungagung ke Ponpes Darul Falah, Pimpinan KH.Taufiqul Hakim, di Dusun Sidorejo, Kec. Bangsri, Kab. Jepara, Jawa Tengah. Baca pula tulisan senada di sini.

Jika anda ingin mendapatkan Kitab Amtsilaty silahkan klik link dibawah ini



Sumber : http://fahrony4frizal.wordpress.com/


Related Post (Artikel Terkait):

32 komentar:

  1. Assalaamualaikum.
    Terimakasih atas info kitabnya, dan bila berkenan untuk bersilaturahmi ke blog kami Kumpulan Kitab Kuning

    BalasHapus
  2. alhamdulillah...ada khlusohnya atau enggak?

    BalasHapus
  3. alhamdulillah matur suwun kang, izin download lan mugi manfaat, amin.

    BalasHapus
  4. bisa didownload lengkap (jilid 1 - 5) di link berikut:
    http://kitabbelajarbahasaarab.wordpress.com/category/amtsilati/
    terima kasih untuk semuanya.

    BalasHapus
  5. jazakumullah khairan katsiran...

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah... Ustz sngt bermanfaat bagi tdk hanya santti tapi jg masyarakat awam spt saya utk itu mhn izin download...syukron Wslm.WW.

    BalasHapus
  7. Kira-kira kalau download kitab ini sudah dapat ijin dari KH. Taufiqul Hakim belum ya. Mohon jawab ke email saya : mohamad.nawawi@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
  8. ust saya minta izin untuk download kitab ini .,.,.,,.,.,.,.,

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Maaf mb
      Mba bisa Download'aa
      Sya dri tdi nyoba ngg bisa yahh

      Hapus
    2. Bisa ko mba...tp download dulu aflikasi yg di suruhnya...

      Hapus
  10. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat orang semakin mudah menduplikasi karya orang lain. Tanpa ada pengetahuan bahwa plagiasi adalah pelanggaran pidana maka seseorang akan terus melakukannya tanpa merasa bersalah. Inilah yang diwanti-wanti sejak dini oleh penulis Kitab Amtsilati, KH. Taufiqul Hakim. Beliau menulis pondasi dasar dalam buku kecil, Tawaran Revolusi Sistem Pendidikan Indonesia, bahwa tindakan plagiasi Amtsilati tanpa izin dari penulis dianggap melanggar hak cipta dan pelakunya mendapat fatihah laknat.

    Seluruh Alumni Amtsilati pun tidak akan berani memfoto copy kitab Amtsilati. Karena di dalam jiwa mereka sudah tertanam prinsip bahwa segala hal yang berbau plagiasi itu dilarang pengasuh dan termasuk kategori su’ul adab (moral yang buruk). Memfoto copy saja tidak berani, apalagi membuat Aplikasi Amtsilati ! Kami selaku santri Amtsilati merasa sanggat kecewa dengan pelaku pembuat Aplikasi Amtsilati. Inovasi boleh saja, namun tentu ada batas-batas yang tidak boleh langgar. Selain hukum halal-haram, kita juga sebagai manusia punya hukum etika. Sungguh anda tidak beretika sama sekali.

    Seperti yang telah kami selidiki, Aplikasi Amtsilati sangat tidak kreatif. Isinya hanya copy-paste dan kitab Amtsilati yang di-scan (dibuat Pdf Amtsilati). Sungguh keterlaluan, ini tentu produk ilegal dan pasti tidak diizinkan penulisnya. Apapun alasannya, aplikasi Amtsilati pasti tidak diizinkan dan harus segera ditarik dari peredaran internet termasuk Android.

    Ini sebuah peringatan bagi pelaku pembuat Aplikasi Amtsilati. Anda sudah mengawali perbuatan pidana. Satu klik dari mereka yang mendownload Aplikasi itu berarti anda menyicil dosa dan doa laknat yang bertubi-tubi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong jika komentar difikir dahulu, karena pembaca seluruh dunia.

      Kasihan bagi memposting blog ini.

      Klarifikasilah dengan sopan dan manusiawi (kita manusia punya etika sopan santun/adab).

      Cobalah baik2 dalam menyampaikan pendapat tidak harus mendo'akan jelek kepada siapapun apalagi sesama muslim.

      Nabi kita tidak mengajarkan mendo'akan kejelekan sesama muslim.

      Mari berbenah sama2.
      Trisna Mahasiswa dan Santri
      KOTA Malang.

      Hapus
    2. mungkin untuk mengingatkan saja, membajak sama saja mengambil hak orang lain, jika pemilik hak tidak ikhlas, tidak berkah

      Hapus
    3. Bacot Lu Kontol, gw lagi Butuh Nih PDF nya

      Hapus
  11. ijin download semoga bermanfaat

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum kang. Izin download.
    Nadhomnya ada gak kang??

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum afwan bagi antum yg udh download
    Gimana cara Download'a yahh dri tdi ngg bisa

    BalasHapus
  14. d mana bisa mendapatkan buku tersebut????

    BalasHapus
  15. d mana bisa mendapatkan buku tersebut????

    BalasHapus
  16. Ijin download ya...barakallah...maksih...

    BalasHapus
  17. Sudahkan ada izin dr pihak pesantren? Kalau tidak mohon diurus

    BalasHapus
  18. Sudahkan ada izin dr pihak pesantren? Kalau tidak mohon diurus

    BalasHapus
  19. sebaiknya beli buku-bukunya agar mendapatkan ilmu yang barokah

    BalasHapus
  20. Mohon izin untuk mendownloadnya ustadz... Jazakumullah Khoeron Katsiroo, Alhamdulillah saya sudah membeli buku aslinya 2 paket dan khulasohnya belasan buku, ini terutama bermanfaat digunakan untuk membantu dalam mengajar santri...

    BalasHapus
  21. Ini niat mau berbagi. Linknya dibuat ruwet2. Hadehhh

    BalasHapus

PRIMBON RAMALAN JODOH

*
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA YANG SEDERHANA INI, KRITIK DAN SARANNYA YA SOB BUAT BLOG SAYA INI SUPAYA LEBIH BAIK ... TERIMA KASIH